kisi-kisi UNBK SMA
Berikut ini adalah bahas tuntas kisi-kisi UN SMA untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan level kognitifnya.
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Dalam level kognitif pengetahuan dan pemahaman, tingkat kesulitan soal yang digunakan meliputi mengidentifikasi dan memaknai. Lingkup materi yang diberikan terbagi menjadi lima bagian.
Kelima bagian tersebut adalah sebagai berikut.
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda baca.
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman dapat disimak melalui halaman berikut di bawah ini
Membaca Nonsatra
Peserta didik dapat:
1. Memaknai istilah/kata
2. Mengidentifikasi informasi tersurat
Membaca Sastra
Peserta didik dapat:
1. Mengdentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
2. Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Menulis Terbatas
1. Peserta didik dapat melengkapi kalimat/paragraph dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
3. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
4. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Aplikasi
Level kognitif aplikasi menguji kemampuan untuk menginterpretasi dan menggunakan. Sama seperti halnya lingkup materi pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, lingkup materi yang diujikan meliputi
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif aplikasi dapat disimak melalui halaman dalam daftar link berikut.
Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
1. Menemukan ide pokok
2. Menemukan inti kalimat
3. Menentukan makna rujukan
4. Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
5. Menentukan kalimat utama
6. Menentukan kalimat penjelas
Membaca Sastra
Peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
Menulis Terbatas
Peserta didik dapat:
1. Melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
2. Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
3. Menggabungkan kalimat
4. Mengurutkan unsur teks
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
2. Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat
1. Menggunakan ejaan
2. Menggunakan tanda baca
Level Kognitif Penalaran
Level kognitif penalaran menguji kemampuan untuk membandingkan, menunjukkan bukti, menganalisis, menanggapi/mengomentari, merefleksi, mengevaluasi, dan memvariasikan. Lingkup materi pada level penalaran sama dengan lingkup materi untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman dan level kognitif aplikasi, meliputi
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif penalaran dapat disimak melalui halaman dalam daftar link berikut.
Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
1. Membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasan teks
2. Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
3. Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, procedure, editorial, ulasan/resensi)
4. Mengomentari isi teks
5. Menunjukkan bukti suatu simpulan
Membaca Sastra
Pesertar didik dapat:
1. Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
2. Menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
3. Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
4. Mengomentari unsure intrinsik karya sastra
5. Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
6. Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
7. Meringkas isi karya sastra
Menulis Terbatas
Peserta didik dapat:
1. Memvariasikan kata yang bermakna sama
2. Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
3. Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. Memvariasikan unsur teks
5. Mengubah bentuk teks lain
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
2. Memperbaiki kesalahan paragraf
3. Menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraph
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat:
1. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
2. Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
3. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Demikianlah tadi bahas tuntas kisi-kisi UN SMA tahun 2019 untuk matapelajaran Bahasa Indonesia. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. semoga bermanfaat. Semoga sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.
Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Dalam level kognitif pengetahuan dan pemahaman, tingkat kesulitan soal yang digunakan meliputi mengidentifikasi dan memaknai. Lingkup materi yang diberikan terbagi menjadi lima bagian.
Kelima bagian tersebut adalah sebagai berikut.
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda baca.
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman dapat disimak melalui halaman berikut di bawah ini
Membaca Nonsatra
Peserta didik dapat:
1. Memaknai istilah/kata
2. Mengidentifikasi informasi tersurat
Membaca Sastra
Peserta didik dapat:
1. Mengdentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
2. Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Menulis Terbatas
1. Peserta didik dapat melengkapi kalimat/paragraph dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
3. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
4. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraph
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Level Kognitif Aplikasi
Level kognitif aplikasi menguji kemampuan untuk menginterpretasi dan menggunakan. Sama seperti halnya lingkup materi pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, lingkup materi yang diujikan meliputi
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif aplikasi dapat disimak melalui halaman dalam daftar link berikut.
Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
1. Menemukan ide pokok
2. Menemukan inti kalimat
3. Menentukan makna rujukan
4. Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
5. Menentukan kalimat utama
6. Menentukan kalimat penjelas
Membaca Sastra
Peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
Menulis Terbatas
Peserta didik dapat:
1. Melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
2. Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
3. Menggabungkan kalimat
4. Mengurutkan unsur teks
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
2. Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat
1. Menggunakan ejaan
2. Menggunakan tanda baca
Level Kognitif Penalaran
Level kognitif penalaran menguji kemampuan untuk membandingkan, menunjukkan bukti, menganalisis, menanggapi/mengomentari, merefleksi, mengevaluasi, dan memvariasikan. Lingkup materi pada level penalaran sama dengan lingkup materi untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman dan level kognitif aplikasi, meliputi
1. Membaca Nonsastra
2. Membaca Sastra
3. Menulis Terbatas
4. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
5. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Bahasan lebih lanjut tentang kisi-kisi UN SMA Bahasa Indonesia untuk level kognitif penalaran dapat disimak melalui halaman dalam daftar link berikut.
Membaca Nonsastra
Peserta didik dapat:
1. Membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasan teks
2. Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
3. Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, procedure, editorial, ulasan/resensi)
4. Mengomentari isi teks
5. Menunjukkan bukti suatu simpulan
Membaca Sastra
Pesertar didik dapat:
1. Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
2. Menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
3. Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
4. Mengomentari unsure intrinsik karya sastra
5. Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
6. Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
7. Meringkas isi karya sastra
Menulis Terbatas
Peserta didik dapat:
1. Memvariasikan kata yang bermakna sama
2. Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
3. Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. Memvariasikan unsur teks
5. Mengubah bentuk teks lain
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Peserta didik dapat:
1. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
2. Memperbaiki kesalahan paragraf
3. Menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraph
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat:
1. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
2. Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
3. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Demikianlah tadi bahas tuntas kisi-kisi UN SMA tahun 2019 untuk matapelajaran Bahasa Indonesia. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. semoga bermanfaat. Semoga sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.
Comments
Post a Comment