KUMPULAN SOAL Bahasa Indonesia / X SEMESTER 2
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
TAHUN 2017/2018
Mata Pelajaran/Kelas : Bahasa Indonesia / X SEMESTER 2
Kompetensi Dasar : 3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Hari/tanggal :
Waktu : 07.30 s.d. 09.00 WIB
=====================================================================
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● ) huruf A, B, C, D, E pada LJK!
1. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Hal yang dilakukan Paijo sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a. Paijo mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.
b. Paijo meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.
c. Paijo membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalia perusahaan.
d. Paijo menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.
e. Paijo memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.
2. Bacalah teks di bawah ini!
|
Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a. Membayar denda dua kali lipat.
b. Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
c. Memberikan KTP sebagai jaminan.
d. Menandatangani surat denda.
e. Memarkir sepeda motor di luar mal.
3. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan cerita tersebut, negosiator seharusnya ...
a. mengucapkan salam pembuka.
b. menggunakan kata yang tepat.
c. intonasi suara harus jelas
d. berbicara secara santun.
e. memperhatikan giliran berbicara.
4. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...
a. menyampaikan pendapat disertai dengan bukti atau fakta.
b. menghindari tuturan yang mengandung ejekan atau sindiran.
c. menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.
d. menyampaikan pendapat secara berbelit-belit.
e. menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan pendapat lain.
5. Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung santun dalam bernegosiasi ...
a. Berdasarkan bukti-bukti yang telah Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
b. Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat, mengingat waktu yang sangat terbatas.
c. Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi sebaiknya ditinjau ulang.
d. Saya anjurkan agar negosiasi ini segera diakhiri karena tidak ada gunanya.
e. Jika tidak salah pemahaman saya, kita sekarang tidak membahas masalah itu.
Bacalah teks di bawah ini
soal untuk nomor 6 – 8 !
|
6. Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
a. Tugas projek naskah drama Elentertinggal di rumah.
b. Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c. Elen meminta orang tuanyauntuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d. Elen akan memberikan tugas projek bapak guru sebelum pukul 12.00.
e. Elen meminta izin untuk menghubungi mamanya.
7. Penulisan judul teks negosiasi di atas salah, yang benar adalah ….
a. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.
b. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di Kelas X IPA 1
c. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
d. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
e. Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 1
8. Negosiasi dapat dilakukan menggunakan bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…
a. Bertanya
b. Menjawab
c. Meminta
d. Menerima
e. Membujuk
9. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Trik negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...
a. berbicara dengan menggunakan bahasa asing agar terlihat cerdas.
b. menggunakan kata ganti kami.
c. melakukan kontak mata.
d. mengambil kesimpulan dengan cepat
e. membuat suasana menjadi santai.
10. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...
a. komunikasi hanya satu arah.
b. perbedaan pandangan.
c. adanya kesalahpahaman
d. umpan balik tidak tepat.
e. topik tidak fokus.
11. Cermatilah teks berikut ini!
|
Negosiasi tersebut termasuk dalam negosiasi ...
a. kolaborasi
b. dominasi
c. akomodasi
d. menghindari konflik
e. kesamaan.
12. Berikut ini yang bukan merupakan trik dalam bernegosiasi adalah ...
a. mengambil kesimpulan secara tepat.
b. melakukan kontak mata dengan lawan negosiasi.
c. berbicara secara santun kepada lawan negosiasi.
d. negosiator mengambil kesimpulan secara tepat.
e. negosiator terus-menerus memuji lawan negosiasi.
13. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut ini!
“Baik, Pak. Terima Kasih. Boleh saya keluar?”
kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi bagian dari....
a. Orientasi
b. Penutup
c. Isi
d. Persetujuan
e. Persuasif
14. Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!
|
Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…
a. Persetujuan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Penutup
e. Pembelian
15. Bacalah penggalan teks negosiasi berikut ini!
|
Struktur negosiasi bagian apa yang mewakili dialog di atas
a. Pembelian
b. Persetujuan
c. Penutup
d. Penawaran
e. Pemenuhan
16. Orang yang bertindak memandu dan menengahi pembicaraan dalam debat disebut ...
a. Juri
b. Pencatat waktu
c. Tim afirmasi
d. Tim oposisi.
e. Moderator
17. Perhatikan materi debat berikut ini!
Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu! |
Kalimat persuasif teks di atas adalah ….
a. Untuk kejayaan bangsa kita medatang. Mari kita buktikan itu!
b. Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri
c. Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi
d. Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah
e. Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.
18. Simaklah teks di bawah ini secara saksama!
Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing. |
Apabila permasalahan tersebut disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
a. Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.
b. Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
c. Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
d. Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
e. Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.
19. Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar. |
Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah?
Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …
a. Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
b. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak
c. Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
d. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
e. Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.
20. Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
|
Kalimat persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (4) dan (5).
e. (3) dan (4)
21. Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!
|
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …
a. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
b. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
c. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
d. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
e. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
22. Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!
|
Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …
a. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.
b. Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.
c. Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.
d. Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.
e. Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.
23. Bacalah paragraf berikut!
|
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
a. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
b. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.
c. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
d. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
e. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
24. Bacalah paragraf berikut!
|
Mosi bacaan di atas adalah ....
a. bahasa dapat menimbulkan perang.
b. bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.
c. bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.
d. bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
e. bahasa sebagai alat komunikasi yang tidak dapat dimanipulasi pemakainya.
25. Bacalah nukilan materi debat berikut!
|
Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
a. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
b. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.
c. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
d. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
e. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
26. Perhatikan teks di bawah ini!
|
Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...
a. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
b. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
c. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
d. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
e. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
27. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
a. Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.
b. Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.
c. Jadi, para guru bukan orang tua kita.
d. Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.
e. Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.
28. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...
a. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.
b. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.
c. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.
d. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.
e. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.
29. Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut dengan baik!
Pendidikan kesenian di sekolah, hingga kini, masih belum mendapatkan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagi hal mendesak. …. |
Kalimat akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah….
a. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak terlampau dapat diharapkan.
b. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.
c. Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak dapat diandalkan warga sekolah.
d. Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama sekali tak berjalan dengan wajar.
e. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.
30. Baca nukilan debat di bawah ini!
|
Kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat di atas adalah …
a. Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.
b. Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.
c. Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.
d. Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.
e. Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.
31. Bacalah nukilan biografi di bawah ini!
|
Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah …
a. Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
b. pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
c. besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
d. Henry yang begitu manis di ajang Premier League
e. pemain yang besar di Arsenal yang begitu manis
32. Cermatilah kalimat acak berikut!
|
Urutan kalimat yang benar agar menjadi biografi yang bagus adalah ....
a. (1), (3), (4), (2), (5)
b. (4), (2), (3), (5), (1)
c. (5), (3), (4), (2), (1)
d. (2), (4), (1), (3), (5)
e. (3), (1), (4), (5), (2)
33. Bacalah nukilan biografi Arafat berikut secara saksama!
|
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. sudah mengambil, telah menduduki, sudah tiada.
b. tiada mengangkat, telah berdiri, telah merangkul.
c. sudah menyisihkan, selalu mengambil, telah menarik.
d. telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan.
e. hampir menyumbangkan, telah mengambil, telah tiada.
34. Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
|
Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
a. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
b. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
c. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
d. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
e. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.
35. Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
a. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
b. Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
c. Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
d. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
e. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
36. Perhatikan biografi berikut ini!
|
Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …
a. Ia terlahir dari keluarga penyair
b. Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya
c. Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita
d. Sejak kecil ia menderita kanker prostat
e. Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara
37. Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …
a. Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung
b. Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis
c. Ia hanya mampu menulis biografi
d. Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga
e. Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan
38. Bacalah penggalan biografi tokoh berikut ini!
|
Teks di atas menjelaskan tentang ....
a. kelahiran Albert Einstein.
b. ciri-ciri fisik Albert Einstein.
c. Albert Einstein terlambat bicara.
d. sisi lain dari nama Albert Einstein.
e. tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein
39. Bacalah penggalan teks biografiberikut!
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
a. Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.
b. Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.
c. Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.
d. Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.
e. Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.
40. Bacalah biografi tokoh berikut!
|
Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...
a. Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.
b. Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.
c. Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.
d. Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.
e. Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.
Kunci
1 | C | 11 | A | 21 | A | 31 | B |
2 | B | 12 | E | 22 | C | 32 | D |
3 | B | 13 | B | 23 | C | 33 | D |
4 | A | 14 | B | 24 | E | 34 | C |
5 | D | 15 | C | 25 | A | 35 | D |
6 | D | 16 | E | 26 | C | 36 | C |
7 | E | 17 | A | 27 | B | 37 | D |
8 | E | 18 | C | 28 | A | 38 | A |
9 | E | 19 | B | 29 | E | 39 | C |
10 | B | 20 | D | 30 | D | 40 | E |
Comments
Post a Comment