KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
1. Bahasa Indonesia IPA/IPS/Keagamaan
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca satra | Menulis terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
Pemahaman dan Pengetahuan · Mengidentifikasi · Memaknai | Siswa mampu - memaknai istilah - mengidentifikasi informasi tersurat | Siswa mampu - mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra - memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Siswa mampu - menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks | Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata - mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi - mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat - mengartikan kata | Siswa mampu - mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan) - mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi · Menginterpretasi · Menangkap · Menggunakan | Siswa mampu - menemukan ide pokok - menemukan inti kalimat - menentukan makna rujukan - menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra | Siswa mampu - menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral) - menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel | Siswa mampu - melengkapi unsur teks eksposisi - melengkapi unsur teks deskripsi - melengkapi unsur teks narasi - melengkapi teks sastra - melengkapi teks ulasan - melengkapi teks prosedur | Siswa mampu - menggunakan istilah dalam kalimat - menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Siswa mampu - menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca |
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca satra | Menulis terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
Penalaran · Membandingkan · Menunjukkan Bukti · Menganalisis · Menanggapi/ Mengomentari · Merefleksi · Mengevaluasi | Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks - menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi - membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi) - mengomentari isi teks - menunjukkan bukti suatu simpulan | Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) - menganalisis hubungan antar bagian karya sastra - membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) - mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra - meringkas isi karya sastra | Siswa mampu - mengurutkan unsur teks - memvariasikan kata yang bermakna sama - memvariasikan kalimat yang bertujuan sama - menyusun paragraf dari beberapa data - menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai | Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat - memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf - menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf | Siswa mampu - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan - memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca - menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca |
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
2. Bahasa Indonesia - Bahasa
Level Kognitif | Membaca non sastra | Diksi | Struktur Kebahasaan |
Pemahaman · Mengidentifikasi · Memaknai | Siswa mampu - Mengidentifikasi kata - Mengidentifikasi unsur teks - Mengidentifikasi makna tersurat | Siswa mampu - Menentukan kata/istilah sesuai konteks - Mengidentifikasi struktur teks nonsastra | Siswa mampu - Mengidentifikasi bentuk teks - Mengidentifikasi tata makna - Mengidentifikasi tata bentukan - Mengidentifikasi tata kalimat |
Menafsirkan/aplikasi · Menginterpretasi · Menangkap informasi implisit · Menggunakan | Siswa mampu - Menyimpulkan isi tersirat - Menginterpretasi hubungan unsur - Mengklasifikasi isi | Siswa mampu - Melengkapi kata, kalimat, paragraf | Siswa mampu - Menganalisis tata makna - Menganalisis tata bentukan - Menganalisis tata kalimat - Menggunakan teori kebahasaan untuk mengklasifikasi teks |
Penalaran · Membandingkan · Menunjukkan bukti · Menganalisis · Menanggapi/mengomentari · Merefleksi · Mengevaluasi · Mengkreasi | Siswa mampu - Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks - Menganalisis hubungan antar unsur - Membandingkan pola penulisan - Meringkas isi - Menanggapi/mengomentari isi teks | Siswa mampu - Mengurutkan unsur teks nonsastra - Memvariasikan bagian teks (kata, kalimat, paragraf) - Memvariasikan/kalimat kritikan/pujian | Siswa mampu - Memperbaiki kesalahan dari segi tata makna - Memperbaiki kesalahan dari segi tata bentukan - Memperbaiki kesalahan dari segi tata kalimat - Membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks |
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
3. Sastra Indonesia - Bahasa
Level Kognitif | Membaca sastra | Menulis sastra | Aspek Kesastraan |
Pengetahuan dan pemahaman · Mengidentifikasi · Memaknai | Siswa mampu - mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra - mengidentifikasi unsur karya sastra - memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Siswa mampu - menentukan majas/makna simbolik - mengidentifikasi struktur teks sastra | Siswa mampu - mengidentifikasi bentuk karya sastra - mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama |
Menafsirkan/aplikasi · Menginterpretasi · Menggunakan | Siswa mampu - menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra - menginterpretasi hubungan isi dalam karya sastra - mengklasifikasi karya sastra | Siswa mampu - melengkapi unsur karya sastra puisi - melengkapi karya sastra prosa fiksi - melengkapi karya sastra drama | Siswa mampu - menganalisis aspek kesastraan pada puisi - menganalisis aspek kesastraan pada prosa fiksi - menganalisis aspek kesastraan pada drama - menggunakan teori sastra untuk mengklasifikasi |
Penalaran · Membandingkan · Menunjukkan bukti · Menganalisis · Menanggapi/mengomentari · Merefleksi · Mengevaluasi · Mengkreasi | Siswa mampu - membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) - menganalisis hubungan antar unsur dalam karya sastra - menganalisis bukti - mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini - menilai keunggulan/kelemahan karya sastra - membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) - meringkas isi karya sastra - menanggapi/mengomentari isi karya sastra | Siswa mampu - mengurutkan unsur teks sastra - memvariasikan unsur karya sastra bebentuk puisi - memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi - memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama - menyusun kritik dan esai - memvariasikan kalimat pada kritik dan esai | Siswa mampu - mengkritik aspek kesastraan pada puisi - mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi - mengkritik aspek kesastraan pada drama - membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan karya sastra |
Comments
Post a Comment